Fingering

Bagi para gitaris fingering adalah kegiatan rutin yang perlu dilakukan agar kelenturan jari tetap lincah dan kuat saat menari2 di atas fret board. 

Dalam melakukan fingering, saya senantiasa melakukannya dengan pola yang bernada, menggunakan scale dasar kemudian diolah menjadi kombinasi-kombinasi nada sekaligus melatih kemampuan feel kita terhadap notasi. Saya seringkali bosan ketika melakukan fingering dengan pattern naik turun ke bawah  ke atas dan berjalan dalam bentuk semitones. Malahan seringkali jari saya tidak lancar, karena ada semacam perasaan menolak dari dalam kepala ini ketika mendengarkan nada-nada yang tidak sinkron.

Bermain guitar solo bukan pada persoalan jari dan kecepatan saja. tapi kombinasi nada yang enak ketika dieksekusi telinga. Banyak dari kalangan gitaris termasuk saya dulu berpikir bahwa cepat adalah hebat, padahal belum tentu indah. Apa yang bisa diharapkan dari permainan guitar yang senantiasa cepat namun keindahan nadanya tidak dapat ditangkap oleh hati?.Imageguitar

1 thought on “Fingering

  1. Pingback: Fingering | Music,Guitar,dan Hidup

Leave a comment